Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 11 No. 3 (2025)

Inovasi Model Project Based Learning Berbasis Gamifikasi dalam Pembelajaran PAI di SDN Gerbo II Purwodadi

Alifatul Izzah (Unknown)
Ahmad Ma’ruf (Unknown)
Muhammada (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara detail keefektifan project based learning dengan pendekatan gamifikasi dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif melalui wawancara dengan pihak yang bersangkutan. Penggunaan model ini digabungkan dengan memasukkan elemen-elemen permainan didalamnya, sebagai bentuk inovasi atau pengembangan dari model tersebut. Model project based learning berbasis gamifikasi di SDN Gerbo II telah terbukti dapat memberikan keefektifan dalam proses belajar, memberikan hasil yang maksimal dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Serta dapat membuat kerja tim berjalan dengan baik dan harmonis. Menambah kreativitas dan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah. Sehingga mendapatkan hasil atau produk yang diinginkan. Dan penggunaan model project based learning melalui pendekatan gamifikasi ini juga mempunya kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Kelebihannya dapat membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif, serta membuat peserta didik tidak bosan dalam menerima pembelajaran. Sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...