Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara detail keefektifan project based learning dengan pendekatan gamifikasi dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif melalui wawancara dengan pihak yang bersangkutan. Penggunaan model ini digabungkan dengan memasukkan elemen-elemen permainan didalamnya, sebagai bentuk inovasi atau pengembangan dari model tersebut. Model project based learning berbasis gamifikasi di SDN Gerbo II telah terbukti dapat memberikan keefektifan dalam proses belajar, memberikan hasil yang maksimal dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Serta dapat membuat kerja tim berjalan dengan baik dan harmonis. Menambah kreativitas dan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah. Sehingga mendapatkan hasil atau produk yang diinginkan. Dan penggunaan model project based learning melalui pendekatan gamifikasi ini juga mempunya kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Kelebihannya dapat membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif, serta membuat peserta didik tidak bosan dalam menerima pembelajaran. Sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.
Copyrights © 2025