Latar belakang tulisan ini atas dasar adanya urgensi perkembangan kognitif anak usia dini di lembaga PAUD. Tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak distimulasi sesuai dengan usianya, perkembangan kognitif pada anak yang berusia 4-6 tahun yang dalam lingkup perkembangan kognitif dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: 1) belajar dan pemecahan masalah, 2) berfikir logis dan 3) berfikir simbolik. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis tingkat capaian kompetensi perkembangan kognitif anak usia dini di beberapa lembaga PAUD kabupaten Gresik. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan pendapat atau opini dari orang serta tindakan yang diamati. Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya merancang aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan efektif agar perkembangan kognitif anak di lembaga PAUD dapat optimal.
Copyrights © 2025