Journal of Educational Science and Technology
Volume 2 Nomor 1 April 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD

Ira Irviana (Administrasi Pendidikan Kehususan Pendidikan Dasar Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS: (1) antara siswa yang menggunakan model pelajaran TGT dan metode ceramah bervariasi, (2) antara siswa yang motivasinya tinggi dan motivasi rendah, (3) antara siswa yang motivasi tinggi dikelas yang menggunakan model pembelajaran TGT dan metode ceramah bervariasi, (4) antara siswa yang motivasi rendah dikelas yang menggunakan model pembelajaran TGT dan metode ceramah bervariasi, (5) antara siswa yang motivasi tinggi dan motivasi rendah dikelas yang menggunakan metode pembelajaran TGT, (6) antara siswa yang motivasinya tinggi dan rendah dikelas yang menggunakan metode ceramah bervariasi, (7) untuk melihat interaktif antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan factorial eksperimen 2x2. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan angket motivasi belajar, populasi penelitian ini adalah siswa SDN KIP Maccini dan SD Inpres Maccino kelas V tahun ajaran 2014/2015. Sampelnya 60 siswa dari jumlah populasi, data dianalisis dengan Anova 2X2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPS: (1) Siswa yang menggunakan model TGT lebih tinggi dari pada metode ceramah bervariasi, (2) siswa yang motivasinya tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang motivasinya rendah, (3) Siswa yang motivasinya tinggi yang diajar dengan model TGT lebih tinggi prestasinya dari pada siswa yang diacara dengan model cerama bervariasi, (4) siswa yang motivasinya rendah lebih tinggi prestasinya jika diajar dengan ceramah bervariasi daripada diajar dengan TGT, (5) siswa yang motivasinya tinggi diajar dengan TGT lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang motivasinya rendah, (6) siswa yang motivasinya tinggi lebih rendah prestasinya daripada siswa yang motivasinya rendah jiak diajar dengan ceramah bervariasi, (7) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajar dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JEST

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal EST mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi kependidikan, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran, teori dan praktik pendidikan, kebijakan pendidikan, pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran, pendidikan budaya dan karakter bangsa, pendidikan guru, teknologi dan ...