Penelitian ini berangkat dari rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap konservasi satwa yang dilindungi, terutama menyangkut informasi mengenai rentang usia hidup spesies yang berperan penting dalam upaya pelestarian jangka panjang.Kurangnya media pembelajaran interaktif yang menyajikan informasi tersebut menjadi salah satu kendala dalam proses edukasi lingkungan di jenjang Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis Android yang mengintegrasikan informasi masa hidup satwa dilindungi, sebagai media pembelajaran yang menarik dan informatif bagi siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) memiliki enam tahapan sebagai berikut: konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistribusian (distribution). Produk game yang dikembangkan berisi fitur visualisasi umur satwa, narasi interaktif, dan elemen kuis yang menstimulasi pemahaman siswa terhadap spesies langka di Indonesia. Uji coba dilakukan kepada siswa SMP kelas VIII untuk menilai aspek kelayakan media dari sisi materi, desain, serta respon pengguna. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah media edukatif digital yang layak, menarik, dan efektif dalam meningkatkan literasi konservasi, khususnya pemahaman siswa terhadap pentingnya informasi masa hidup dalam perlindungan satwa. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam inovasi pembelajaran sains yang lebih kontekstual dan berbasis lingkungan hidup.Kata Kunci: Game edukasi, satwa dilindungi, masa hidup, konservasi, siswa SMP
Copyrights © 2025