Jurnal Literasiologi
Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Literasiologi

METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS QUANTUM

Fadli, Chairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sering dianggap sulit dan membosankan oleh peserta didik, terutama karena dominannya metode hafalan serta pembahasan nahwu–sharaf yang dianggap rumit. Quantum Learning hadir sebagai pendekatan yang mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, aplikatif, dan komunikatif tanpa mengurangi substansi materi bahasa Arab. Model ini menekankan keterlibatan emosi, pengalaman, dan konteks nyata untuk membantu siswa memahami materi secara lebih cepat dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Quantum Learning dalam pembelajaran bahasa Arab dan meninjau efektivitasnya berdasarkan temuan empiris. Penulisan dilakukan dengan metode analisis literatur dari berbagai jurnal dan sumber relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Quantum Learning mampu meningkatkan motivasi, pemahaman struktur bahasa, serta kemampuan berkomunikasi siswa melalui penguatan lingkungan belajar positif, teknik pembelajaran aktif, dan integrasi pengalaman personal. Model ini dinilai relevan diterapkan sebagai inovasi pembelajaran bahasa Arab pada era modern

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...