Jurnal Sejarah dan Budaya
Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Sejarah dan Budaya, Juni 2017

MODUL SEJARAH PERLAWANAN MASYARAKAT LAM-PUNG ABAD KE-19 BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Novita Mujiyati (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul sejarah perlawanan masyarakat Lampung abad ke-19 berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan solidaritas sosial dan prestasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yang mengacu pada desain pengembangan ADDIE. Tahap desain pengembangan ADDIE meliputi (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui modul sejarah perlawanan masyarakat Lampung abad ke-19 berbasis Problem Based Learning (PBL), peserta didik dapat memahami materi serta menyelesaikan masalah yang diberikan secara terstruktur. Penyelesaian masalah secara terstruktur dengan memanfaatkan modul sejarah perlawanan masyarakat Lampung abad ke-19 tersebut dapat meningkatkan solidaritas sosial dan prestasi peserta didik. Sehingga modul sejarah perlawanan masyarakat Lampung abad ke-19 berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan solidaritas sosial serta prestasi peserta didik. This study aims to create a module of resistance history in Lampung in 19th century based on Problem-Based Learning (PBL) as a learning tool to pro-mote social solidarity and student achievement. The method used research and de-velopment (R & D), following the design of ADDIE development. ADDIE develop-ment design stages included (1) analysis (2) design (3) development (4) implemen-tation (5) evaluation. The findings show that tthe historical module could lead stu-dent to understand the material as well as solve a given problem in a structured way. Structured problem solving by utilizing historical modules can increase so-cial solidarity and student achievement. Therefore, the historical module is effec-tive to increase social solidarity and student achievement.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JSB

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Terbit dua kali dalam satu volume yaitu Juni dan Desember; ISSN 1979-9993 berisi tulisan ilmiah tentang sejarah, budaya dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun asing. Tulisan yang dimuat berupa analisis, kajian dan aplikasi; hasil penelitian, dan pembahasan ...