Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

INTEGRASI PENDIDIKAN SOSIAL DAN KEMANUSIAAN DALAM KURIKULUM PAI: UPAYA MENUMBUHKAN EMPATI DI ERA INDIVIDUALISTIK: Abstract, Abstrak,Pendahuluan,Metodologi,Hasil dan Pembahasan,Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka

Agus Pahrudin (Unknown)
Sulastri (Unknown)
Agus Jatmiko (Unknown)
Koderi (Unknown)
Imam Syafei (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Pada era modern yang ditandai dengan meningkatnya individualisme dan melemahnya kepekaan sosial, Pendidikan Agama Islam (PAI) menghadapi tantangan besar dalam menumbuhkan empati dan kepedulian terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai-nilai sosial dan kemanusiaan dalam kurikulum PAI sebagai upaya membangun karakter empatik di kalangan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui kajian literatur, analisis dokumen kurikulum, serta wawancara dengan guru PAI di tiga sekolah menengah. Data dianalisis secara tematik untuk melihat sejauh mana nilai sosial dan kemanusiaan diinternalisasikan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kurikulum PAI memiliki landasan moral dan sosial yang kuat, implementasinya masih dominan pada aspek kognitif dan ritual, sehingga belum sepenuhnya menyentuh ranah afektif peserta didik. Guru yang menerapkan kegiatan berbasis aksi sosial—seperti layanan masyarakat, kepedulian lingkungan, dan program dukungan teman sebaya—mengalami peningkatan nyata pada sikap empati, kerja sama, serta tanggung jawab sosial siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi dimensi sosial dan kemanusiaan dalam PAI tidak hanya memperkuat pendidikan moral, tetapi juga menyiapkan peserta didik menjadi pribadi yang berbelas kasih dan berorientasi pada kemaslahatan sosial di tengah arus individualistik. Diperlukan pelatihan guru, model pembelajaran kontekstual, dan kemitraan sekolah dengan masyarakat untuk mewujudkan transformasi pendidikan berbasis empati secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...