Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

TUJUAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DALAM PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DI SDS QUR’AN CENTER

Hesti Rahmawati (Unknown)
Yuniy Sarah (Unknown)
Rachel Amalia (Unknown)
Nurul Hikmah (Unknown)
Nurhayati (Unknown)
Misbah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2025

Abstract

Perumusan tujuan pembelajaran yang efektif menjadi elemen kunci dalam perencanaan kurikulum pendidikan dasar karena berfungsi mengarahkan proses belajar agar selaras dengan pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip tujuan pembelajaran yang efektif di SDS Qur’an Center serta menilai integrasinya dengan nilai-nilai keislaman dalam kurikulum sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, berdasarkan telaah terhadap 25 literatur terakreditasi nasional dan internasional yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDS Qur’an Center telah menerapkan prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound) dalam penyusunan tujuan pembelajaran, yang terintegrasi dengan nilai Qur’ani untuk mendukung pembentukan karakter dan kompetensi siswa. Namun, ditemukan kendala berupa kurangnya pemahaman sebagian guru terhadap indikator pembelajaran terukur dan minimnya pelatihan berkelanjutan. Kesimpulannya, perumusan tujuan pembelajaran yang efektif dan bernilai Islami di SDS Qur’an Center telah memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kurikulum holistik yang berorientasi pada pembentukan generasi Qur’ani yang cerdas, berakhlak, dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...