Cinta tanah air mencakup mengenal dan menghargai wilayah nasional, menjaga kewaspadaan, serta kesiapan untuk membela Indonesia dari segala ancaman. Hal ini mencerminkan sikap dan perilaku yang menunjukkan kebanggaan, kesetiaan, kepedulian, serta rasa hormat terhadap bahasa, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuh informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi guru sebagai pendidik karakter dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air pada siswa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya kesadaran siswa dalam mematuhi peraturan sekolah, rendahnya pemahaman terhadap materi pelajaran, dan minimnya keterlibatan orang tua dalam menanamkan rasa hormat dan kepedulian terhadap sesama di rumah. Terbentuknya nilai-nilai kewarganegaraan dan cinta tanah air pada generasi Z di SMA Negeri 27 Maluku Tengah didukung oleh pembinaan intensif dari guru Pendidikan Kewarganegaraan, partisipasi aktif dalam upacara bendera, serta kepatuhan terhadap peraturan sekolah yang menumbuhkan disiplin, rasa hormat, dan perilaku positif.
Copyrights © 2024