Jurnal Dialektika Pendidikan IPS
Vol. 5 No. 1 (2025): issue

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII

Soraya, Adelia (Unknown)
Kusnul Khotimah (Unknown)
Ali Imron (Unknown)
Agus Suprijono (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Fokus pada penelitian yakni pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan memakai bantuan media flashcard terhadap capaian belajar IPS kelas VIII. Rancangan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experiment Design) dengan menggunakan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Lingkup populasi pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas di MTsN 2 Kota Surabaya tahun ajaran 2023/2024 dengan populasi sasaran adalah peserta didik kelas VIII. Pengambilan sampel mempergunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik penghimpunan data yang digunakan yakni tes dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan syarat uji normalitas dan homogenitas. Dalam penelitian ini uji hipotesis menggunakan uji t atau T-Tes yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan media flashcard pada kelas eksperimen (VIII E) menunjukkan hasil rata-rata 81.25 dan penggunaan media mind mapping pada kelas kontrol (VIII H) dengan rata-rata 74,38. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dan positif pada Capaian Pembelajaran IPS pada materi Kerja Sama Antarnegara kelas VIII MTsN 2 Kota Surabaya tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PENIPS

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Dialektika Pendidikan IPS merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh Program Studi S1 ​​Pendidikan IPS FISH Unesa, Surabaya. Adapun fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran IPS, Penelitian ...