Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena mobilitas pekerja ulang alik yang terjadi pada masyarakat Desa Sidoharjo. Penelitian ini bertujuan menjelaskan mobilitas pekerja ulang alik sebagai contoh fenomena sosial dalam pembelajaran IPS, mengetahui relevansi fenomena mobilitas pekerja ulang alik dengan materi IPS, dan mengetahui strategi pembelajaran berbasis fenomena mobilitas pekerja ulang alik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teori konstruktivisme, fenomena mobilitas pekerja ulang alik ini relevan dalam pembelajaran IPS, karena peserta didik dapat memanfaatkan lingkungan sekitar dengan berbantuan fenomena sosial tersebut sebagai sumber belajar berdasarkan realitas sosial yang terjadi pada masyarakat. Relevansi fenomena mobilitas pekerja ulang alik dengan materi pembelajaran IPS pada jenjang SMP pada materi kelas VII tentang interaksi antarwilayah, dan kebutuhan manusia. Sedangkan untuk kelas VIII pada materi tentang mobilitas penduduk dengan sub materi tentang mobilitas pekerja ulang alik. Strategi pembelajaran yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran IPS kaitannya dengan materi tentang fenomena mobilitas pekerja ulang alik adalah dengan menggunakan metode pembelajaran studi kasus, diskusi terbuka, dan proyek.
Copyrights © 2025