Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review
Vol. 11 No. 4 (2020): Kepemimpinan dan Kualitas Pelayanan sebagai Penggerak Kinerja Organisasi

PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA TINGKAT HUNIAN KAMAR DI GRAND MADINA HOTEL PEKANBARU

Hendra, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Hotel sebagai tempat persinggahan sementara dari para wisatawan yang sedang mengadakan kegiatan wisata merupakan salah satu industri sentral di bidang pariwisata yang memerlukan SDM yang berkualitas hal ini di sebabkan karena parawisata yang menginap di hotel pada hakekatnya sedang melakukan perpindahan domosili meskipun hanya nuntuk sementara waktu.Oleh karena itu selama  para wisatawan memerlukan jasa Pelayanan baik untuk akomodasi maupun restorannya. Demikian juga dengan Grand Madina Hotel, dalam upayanya untuk memberikan image, pihak manajemen melakukan berbagai kebijaksanaan termasuk dalam hal Pelayanan Dengan menyediakan tenaga kerja yang professional.Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah utnuk mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang pegawai. Pada uji validitas keseluruhan item pernyataan variabel promosi penjualan dan variabel keputusan dinyatakan valid karena diperoleh nilai rhitung > rtabel(0.198). Hasil regresi linier sederhana diperoleh nilai Y = 24.631+ 0.594 X. Dari hasil uji secara parsial atau uji t diperoleh nilai thitung(7.825) > ttabel (1.984) dengan tingkat sig 0.000 < 0.05 yang artinya promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0.389 atau 38.9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel Promosi Penjualan memberikan kontribusi terhadap perubahan-perubahan variabel Keputusan pembelian  sebesar 38.9%. sementara sisanya sebesar 61.1% (100%-38.9%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Ekobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit empat kali setahun pada bulan Maret, Juni, September dan Desember berisi artikel, tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian dan non penelitian, kajian analisis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah ekonomi dan bisnis di masyarakat. Penerbitan jurnal ini bertujuan ...