Penelitian dilaksanakan pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Rumusan masalah penelitian adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah konsumen Grand Madina Hotel Pekanbaru sebanyak 3.577. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan asidental sampling, maka sampel yang diambil menggunakan rumus slovin sebanyak 97 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan uji hipotesis uji t. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat t hitung 43,737 > 1,98525 t table dengan signifikan 0,000 lebih kecil dari 5%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variable kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Grand Madina Hotel Pekanbaru. Nilai r square (koefisen determinasi) diperoleh sebesar 0,953. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan kontribusi sumbangan pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Grand Madina Hotel Pekanbaru sebesar 95,3%, sedangkan sisanya sebesar (100%95,3%) = 4,7% dipengaruhi oleh variable lain diluar variable dalam penelitian ini.
Copyrights © 2020