Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian
Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal PPS-TP

Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Instagram pada Materi Konflik Sosial untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Nisa, Hayatun (Unknown)
Herlina, Kartini (Unknown)
Sagala, Margaretha Karolina (Unknown)
Rosidin, Undang (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2024

Abstract

(1)Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D); (2) Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pembelajaran pada materi Konflik Sosial yang valid, praktis, dan efektif; (3) Metode yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Alessi dan Trollip, meliputi planning, design, dan development; (4) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis Instagram dinyatakan layak dengan kriteria valid, praktis, dan efektif, hasil uji kevalidan memperoleh nilai 3,82 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh nilai 94% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji keefektifan memperoleh nilai 81%; (5) Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media pembelajaran berbasis Instagram valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

web

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian menerbitkan artikel ilmiah yang berfokus pada hasil penelitian dan kajian literatur di bidang pendidikan. Secara spesifik, ruang lingkup kajian jurnal ini meliputi: Analisis Pendidikan: Kajian kritis terhadap kebijakan, ...