Jurnal Pengabdian Masyarakat, Ilmu, dan Aksi
Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat, Ilmu, dan Aksi (ABDIMASIA)

Disiplin Positif untuk Menghadapi Tantangan di Era Digital

Irmayanti, Rima (Unknown)
Nurul Fauzia, Azni (Unknown)
Pahlevi, Reza (Unknown)
Junaedi, Dedi (Unknown)
Azrilia, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2025

Abstract

Pemanfaatan internet di kalangan remaja Indonesia, khususnya kelompok usia 15–24 tahun yang tercatat sebagai pengguna internet tertinggi menurut BPS, menghadirkan manfaat sekaligus risiko seperti prokrastinasi akademik, kecemasan, dan perundungan digital. Kondisi ini menuntut adanya strategi penguatan karakter, termasuk disiplin positif, yang relevan dengan konteks perkembangan generasi digital. Objektif: kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam menerapkan disiplin positif sebagai strategi menghadapi tantangan digital, serta mengukur respons dan capaian peserta dalam merumuskan rencana tindak lanjut yang konkret. Program dilaksanakan melalui metode workshop yang bersifat partisipatif, meliputi penyampaian materi konseptual, diskusi interaktif, simulasi, refleksi, serta penyusunan rencana tindak lanjut. Kegiatan dilakukan pada 180 peserta didik kelas XI dan 7 guru SMA Assalaam Kabupaten Bandung. Hasil workshop menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terkait konsep dan praktik disiplin positif, ditunjukkan melalui keaktifan diskusi, kemampuan peserta merumuskan rencana harian berbasis prioritas, serta respons positif dari pihak sekolah terhadap implementasi lanjutan program. Peserta juga menunjukkan peningkatan kesadaran mengenai risiko penggunaan internet berlebihan berdasarkan evaluasi akhir workshop. Program ini menawarkan kebaruan berupa model workshop disiplin positif berbasis analisis SWOT yang mengintegrasikan kesadaran risiko digital, refleksi diri, dan rencana tindak lanjut personal. Pendekatan ini terbukti efektif dalam memperkuat kontrol diri remaja dalam konteks digital, serta menjadi dasar bagi pengembangan intervensi kolaboratif sekolah orang tua profesional dalam membangun kebiasaan positif. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran karakter berbasis pengalaman langsung dapat menjadi strategi preventif yang potensial terhadap masalah perilaku digital pada remaja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimasia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat, Ilmu, dan Aksi is a peer-reviewed journal published by Asosiasi Asesmen Pendidikan (AAP). This journal aims to improve the quality of publications in the field of community service so that they have academic value that is equal to other research journals. As a ...