Pendidikan Anak Usia Dini (AUD) merupakan tahap penting dalam perkembangan individu, di mana stimulasi yang tepat dapat mengoptimalkan aspek kognitif dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran berbasis bermain, eksplorasi lingkungan, dan interaksi sosial dalam mengembangkan aspek tersebut. Metode analisis Miles dan Huberman digunakan, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi berbasis bermain mampu meningkatkan kemampuan berpikir logis, kreativitas, dan kerja sama anak. Eksplorasi lingkungan membantu merangsang rasa ingin tahu, kemampuan observasi, serta kesadaran ekologis. Sementara itu, interaksi sosial dalam kelompok efektif dalam membangun keterampilan komunikasi, empati, dan kolaborasi.Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru sebagai fasilitator yang kreatif dan fleksibel dalam menerapkan strategi pembelajaran. Dengan pendekatan yang tepat, strategi-strategi ini dapat menjadi fondasi kuat bagi perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini, yang mendukung pembelajaran jangka panjang dan kehidupan bermasyarakat.
Copyrights © 2023