Permasalahan petani cabai di Kabupaten Timur Tengah Utara rendahnya pengetahuan tentang strategi pemasaran modern menjadi kendala, karena banyak petani masih menggunakan cara-cara konvensional dalam memasarkan produk mereka. Fluktuasi harga sering kali tidak stabil, mengakibatkan pendapatan petani menurun, rendahnya pendapatan menjadi salah satu penyebab kemiskinan di daerah tersebut. Penelitian berfokus dalam menganalisis strategi pemasaran penjualan Petani Cabai di Kabupaten Timur Tengah Utara guna menemukan alternatif strategi pemasaran pada permasalahan yang dihadapi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berupaya dalam mendeskripsikan permasalahan serta menguraikan informasi yang didapat selama proses penelitian. Alat analisis penelitian menggunakan Analisis SWOT dengan tujuan mengidentifikasi faktor internal strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) dan faktor eksternal opportunity (peluang) dan threats (ancaman). Kebaharuan penelitian berfokus pada pemasaran cabai di Kabupaten TTU, daerah yang jarang diteliti. Selain melihat teknik pemasaran, penelitian ini juga memperhatikan kondisi dan kebutuhan petani secara langsung, sehingga strategi yang dihasilkan lebih sesuai dan membantu meningkatkan penjualan serta kesejahteraan petani secara nyata dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025