Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tahapan pembelajaran berdiferensiasi program sekolah penggerak pada mata pelajaran seni rupa di kelas I SD Negeri Batursari 5, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi program sekolah penggerak pada mata pelajaran seni rupa di kelas I SD Negeri Batursari 5, 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran berdiferensiasi program sekolah penggerak pada mata pelajaran seni rupa di kelas I SD Negeri Batursari 5. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan peserta didik kelas I. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan data berupa data deskriptif seperti tulisan, perkataan, dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tahapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran seni rupa dilakukan dengan asesmen awal, perencanaan pembelajaran, dan pembuatan media pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran seni rupa berjalan dengan baik, guru dan peserta didik dalam pembelajaran menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk mencapai tujuan pembelajaran seni rupa, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran seni rupa yaitu minat belajar peserta didik dan lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor pendukung, untuk faktor penghambat adalah sarana dan prasarana yang masih kurang memadai.Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah Penggerak, Seni Rupa
Copyrights © 2025