Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran membaca permulaan yang mewajibkan siswa sekolah dasar untuk bisa membaca yang mana itu harus di kuasai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media kartu abjad yang dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca tingkat permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Krangganharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Krangganharjo Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, penyebaran angket, dokumentasi, dan juga tes. Hasil penelitian yang didapatkan adalah bersumber dari wawancara dengan wali kelas I, hasil penyebaran angket kepada orang tua dan wali kelas serta hasil tes kompetensi bagi siswa kelas I SD Negeri 1 Krangganharjo Kabupatem Grobogan. Dari hasil penelitian, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca dari jumlah total adalah 13 siswa ada sebanyak 8 siswa (61,54%) yang masih mengalami kesulitan khususnya dalam membaca. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diajukan untuk penelitian ini adalah pada saat pembelajaran membaca permulaan, sebagai seorang guru diharapkan bisa mempertimbangkan metode dan juga penggunaan media pembelajaran yang lebih bervariasi sesuai dengan minat siswa khususnya yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan.
Copyrights © 2025