Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media Quiziz untuk meningkatkan hasil belajar siswa di UPT SMA TUT WURI HANDAYANI. Latar belakang dari penelitin ini berangkat dari perlunya inovasi dalam evaluasi yang lebih interaktif, menarik, dan dapat mendorong siswa untuk lebih aktif selama proses belajar. Metode yang di terapkan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek yang terdiri dari enam siswa dan seorang guru mata pelajaran. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media quiziz dapat meningkatkan partisipasi siswa saat evaluasi berlangsung, terlihat dari semangat yang tinggi, respons yang cepat, dan penguasaan materi yang lebih baik. Selain itu, peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai evaluasi setelah penerapan Quiziz jika dibandingkan dengan metode konvensional. Penggunaan media quizizz juga memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan penilaian dengan lebih cepat, akurat, dan transparan. Oleh karena itu, penggunaan Quiziz terbukti efektif sebagai alat evaluasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA TUT WURI HANDAYANI
Copyrights © 2025