Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap krisis komunikasi dalam dunia pendidikan, khususnya di lingkungan Institusi Pendidikan Islam (IAI) Imsya Indonesia. Krisis komunikasi muncul akibat kurang efektifnya interaksi antara pendidik dan peserta didik yang ditandai dengan menurunnya kualitas komunikasi, meningkatnya kesalah pahaman, dan menurunnya nilai moral serta etika. Faktor penyebab utama meliputi rendahnya literasi, kurangnya etika, dan pengaruh media sosial yang tidak sepenuhnya mengikuti norma komunikasi yang sopan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan distribusi kuesioner dengan uji analisis regresi linier berganda dan uji f, uji t dan uji R2. Hasil penelitian krisis komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan yang menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa sangat mempengaruhi pemahaman mereka terhadap krisis ini dan pentingnya upaya perbaikan melalui pendidikan karakter dan etika komunikasi. Dengan demikian, karya ini memberikan gambaran penting tentang perlunya peningkatan kualitas komunikasi dan moral dalam dunia pendidikan Islam.
Copyrights © 2025