JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Krisis Komunikasi Mahasiswi Pada Pendidikan Studi Kasus: Mahasiswi Ilmu Al-Quran dan Tafsir IAI Imsya Indonesia Angkatan 2025

Apriliani, Aulia (Unknown)
Firmathoina, Aisyah (Unknown)
Arbiani, Ere Mardella (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap krisis komunikasi dalam dunia pendidikan, khususnya di lingkungan Institusi Pendidikan Islam (IAI) Imsya Indonesia. Krisis komunikasi muncul akibat kurang efektifnya interaksi antara pendidik dan peserta didik yang ditandai dengan menurunnya kualitas komunikasi, meningkatnya kesalah pahaman, dan menurunnya nilai moral serta etika. Faktor penyebab utama meliputi rendahnya literasi, kurangnya etika, dan pengaruh media sosial yang tidak sepenuhnya mengikuti norma komunikasi yang sopan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan distribusi kuesioner dengan uji analisis regresi linier berganda dan uji f, uji t dan uji R2. Hasil penelitian krisis komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan yang menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa sangat mempengaruhi pemahaman mereka terhadap krisis ini dan pentingnya upaya perbaikan melalui pendidikan karakter dan etika komunikasi. Dengan demikian, karya ini memberikan gambaran penting tentang perlunya peningkatan kualitas komunikasi dan moral dalam dunia pendidikan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...