JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Pengembangan Prinsip-Prinsip Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Maulidia, Nuraini (Unknown)
Nurhaliza, Sabrina (Unknown)
Salsabila, Ramadhanti Syifa (Unknown)
Zaironi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) agar tetap relevan dengan perubahan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dan perkembangan kurikulum nasional. Setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam, sehingga kurikulum PAI harus dirancang secara fleksibel untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dan mengidentifikasi lima prinsip utama dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu Prinsip Relevansi, Fleksibilitas, Kontinuitas, Efisiensi, dan Efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) bersifat dinamis dan dapat dimodifikasi untuk menyesuaikan perkembangan zaman tanpa mengabaikan nilai-nilai luhur masyarakat. Dengan pendekatan ini, kurikulum PAI berperan dalam mencapai tujuan pendidikan, yaitu membentuk individu yang berkarakter dan berintegritas, sekaligus mampu menghadapi tantangan global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...