Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 6, No 2 (2025): Indonesian Journal of Social and Educational Studies (Article in Press)

Melestarikan Budaya Lokal Melalui Kegiatan Pendokumentasian Dengan Memakai System Notasi Laban (Studi Kasus Tari Batara)

Sjahrir, Nurlina (Unknown)
Yatim, Heriyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Abstrak. Penelitian ini membahas tentang pentingnya notasi Laban sebagai salah satu alat yang dapat digunakan dalam sebuah tari terkait dengan persoalan pelestarian. Tari Batara adalah tarian tradisional Sulawesi Selatan yang kaya akan makna dan nilai budaya. Penelitian ini membahas tentang pentingnya notasi Laban sebagai alat pelestarian. Dengan menggunakan teori Pelestarian Budaya dan Penotasian Laban, gerakan dan makna Tari Batara dapat terdokumentasikan dan tercatat secara lengkap baik posisi tubuh (sikap dasar dan lanjutan), dasar gerak (tangan, badan, kaki, dan kepala), arah hadap (depan, samping kiri/kanan, belakang), serta pengintegrasiannya tercatatkan secara detail. Secara umum bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa notasi Laban dapat menjadi sarana efektif dalam melestarikan warisan budaya, tarian ini memiliki struktur gerakan yang kompleks dan dinamis. Dampak jangka panjang yang diharapkan dari tari Batara yang telah dinotasikan adalah dapat membantu tidak hanya dalam pelestarian dan pengembangan, tetapi dapat pula menjadi sumber inspirasi dalam pola penciptaan tari kreasi Sulawesi Selatan. Dengan demikian, notasi Laban dapat menjadi alat yang efektif dalam pelestarian dan pengembangan Tari Batara Kata Kunci: Tari Batara, Notasi Laban, Bentuk Pelestarian

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...