Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SDNĀ 17 Rio Pakava melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dan memperbaiki pemahaman materi. Pada siklus pertama, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 70%, dan meningkat menjadi 90% pada siklus kedua. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Role Playing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam aspek keterampilan sosial, pemahaman konsep, dan kemampuan berkomunikasi. Dengan demikian, penerapan metode Role Playing direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Copyrights © 2025