Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 19 No 2 (2025): Jurnal Pendidikan UNIGA

LITERATURE REVIEW: PERAN VIDEO ANIMASI 3D DALAM MEMBANGUN KARAKTER POSITIF SISWA SEKOLAH DASAR

Ahmad Husaini (Unknown)
Imam Kusmaryono (Unknown)
Setyo Wuri Kartika Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Penggunaan video animasi 3D dalam pendidikan telah menjadi salah satu inovasi yang signifikan dalam upaya membangun karakter positif siswa sekolah dasar. Teknologi digital ini tidak hanya menarik perhatian siswa, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Dalam konteks pembelajaran, video animasi 3D mampu menyajikan materi secara visual dan audio, sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan. Tinjauan pustaka ini menyoroti pentingnya integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui video animasi, yang berkontribusi pada pembentukan karakter seperti disiplin, kreativitas, dan kepedulian sosial. Melalui analisis literatur, kami mengidentifikasi dampak positif dari video animasi 3D terhadap proses pembelajaran dan pengembangan karakter siswa. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan video animasi 3D tidak hanya meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan pengembang kurikulum untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi ini dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang lebih stimulatif dan efektif. Kata Kunci: Video animasi 3d, karakter positif, dan siswa sekolah dasar.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...