Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar pendidikan pancasila kelas V SD Negeri 6 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi experiment design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 21 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 17 peserta didik dengan jumlah total keseluruhan 38 peserta didik. Pada pengumpulan sampel menggunakan teknik Nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test (Independent sample test) dengan hasil Uji t Independent menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif memiliki dampak signifikasi terhadap hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dengan nilai signifikasi 0,000, maka H0 ditolak dan Ha diterima karena nilai sig. (2-tailed) dengan signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar pendidikan pancasila kelas V SD Negeri 6 Sungai Raya. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Pancasila
Copyrights © 2025