Pendidikan merupakan investasi penting bagi pengembangan sumber daya manusia dan menjadi faktor utama dalam menentukan kualitas suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap produktivitas kerja guru serta implikasinya terhadap efektivitas program pembelajaran. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan sensus yang melibatkan 39 guru MTs Ma’arif Sukakarya Banyuresmi Garut. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, sementara analisis data dilakukan melalui uji asumsi klasik, regresi linier sederhana dan berganda, uji t, serta uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas guru (β = 0,612; t = 4,215; p < 0,05), dan produktivitas guru berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran (β = 0,589; t = 3,974; p < 0,05). Selain itu, komunikasi interpersonal kepala madrasah juga berpengaruh langsung terhadap efektivitas pembelajaran (β = 0,533; t = 3,612; p < 0,05). Secara simultan, komunikasi interpersonal dan produktivitas guru terbukti berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran (F = 27,84; p < 0,05; R² = 0,68). Hasil ini menegaskan bahwa semakin baik komunikasi interpersonal kepala madrasah dan semakin tinggi produktivitas kerja guru, maka semakin efektif pula program pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan keterbukaan komunikasi, pemberian dukungan, serta penguatan hubungan harmonis antara kepala madrasah dan guru untuk mendorong efektivitas pembelajaran. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Produktivitas Guru, Efektivitas Pembelajaran, Kepala Madrasah
Copyrights © 2025