Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Transformasi Pembelajaran Musik Ansambel Melalui Media Audio-Visual Kreatif

Markarma, Muh. Ridwan (Unknown)
Nahlah, Nahlah (Unknown)
Zaiful, Zaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran audio-visual kreatif yang ditujukan untuk materi musik ansambel bagi siswa kelas VII. Proses pengembangan mengadopsi model Borg & Gall, mencakup identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, perancangan produk, validasi oleh ahli, revisi, serta uji coba. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan 30 siswa dan dua validator ahli di bidang materi dan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tersebut sangat valid dengan skor rata-rata 91%. Lebih lanjut, uji coba lapangan mengindikasikan adanya peningkatan motivasi dan capaian belajar siswa. Media yang dihasilkan dilengkapi dengan video pembelajaran, panduan instrumen, dan ilustrasi musikal yang memfasilitasi pemahaman siswa terhadap ritme, melodi, dan harmoni dalam ansambel. Oleh karena itu, media audio-visual kreatif ini terbukti efektif dalam mentransformasi pembelajaran ansambel agar lebih interaktif, bermakna, dan relevan dengan kebutuhan era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...