Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 8 No 2 (2025): SASANDO OKTOBER 2025

IMPLIKASI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PADA BUKU TEKS KELAS III SD/MI KURIKULUM MERDEKA

Nadiratul Aulia (Unknown)
Niken Safitri (Unknown)
Putri Maharani (Unknown)
Nadia Febrianti (Unknown)
Salsa Nadya Nazia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2025

Abstract

Penelitian tentang implikasi aspek keterampilan membaca dan menulis pada buku teks ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implikasi materi ajar bahasa Indonesia dengan aspek keterampilan membaca pada buku teks Kelas III SD/MI, (2) Mendeskripsikan implikasi materi ajar bahasa Indonesia dengan aspek keterampilan menulis pada buku teks kelas III SD/MI. Penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan materi ajar pada buku teks kelas III SD/MI kurukulum merdeka. Implikasi materi ajar terhadap keterampilan membaca dan menulis dalam penelitian ini sudah sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka. Hal ini ditunjukkan pada contoh yang terdapat pada setiap bab pada buku paket kelas III SD/MI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sasando

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang ...