Mahasiswa PGSD masih sering mengalami kesulitan dalam pengelolaan referensi dan penataan layout karya ilmiah sesuai standar akademik, sehingga menimbulkan dampak pada kualitas penulisan ilmiah. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan manajemen referensi dan layouting mahasiswa PGSD. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus yang difokuskan pada sekelompok mahasiswa PGSD yang mengikuti workshop sebagai representasi dari permasalahan umum yang dihadapi oleh mahasiswa lain di program studi yang sama. Sasaran kegiatan terdiri atas 26 mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dari semester 2, 4, dan 6 yang mengikuti workshop. Data dikumpulkan melalui observasilangsung, wawancara, dokumentasi kegiatan, serta analisis terhadap hasil latihan peserta. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa workshop berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menggunakan reference manager khususnya mendeley secara sistematis, memformat karya tulis dengan rapi sesuai kaidah ilmiah, serta meningkatkan kemampuan dalam mengakses database ilmiah dan mengevaluasi kualitas sumber referensi. Workshop ini memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk keterampilan teknis kepenulisan akademik yang esensial bagi calon guru, khususnya dalam aspek ketelitian penulisan, ketepatan penggunaan sumber referensi ilmiah, serta kemampuan menyusun karya tulis yang sesuai dengan standar akademik. Keterampilan tersebut menjadi modal penting dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan akademik maupun profesional di dunia pendidikan.
Copyrights © 2025