Rendahnya kemampuan menulis karya tulis ilmiah di kalangan siswa Kota Bengkulu yang mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan sebagian besar siswa kesulitan merumuskan latar belakang penelitian, menyusun rumusan masalah, menentukan metodologi, serta menggunakan bahasa akademik yang tepat. Kondisi ini menegaskan kebutuhan mendesak akan program pendampingan yang mampu membimbing siswa menulis penelitian secara sistematis, terstruktur, dan sesuai dengan kaidah akademik.Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah siswa melalui pendekatan Genre Based Learning (GBL). Metode pengabdian menggunakan metode pendampingan model Genre Based Learning yang menekankan pada pembelajaran berbasis teks. Tahapan pengabdian kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis, identifikasi, interpretasi, dan menarik Kesimpulan. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis ilmiah siswa, struktur penulisan, dan penggunaan bahasa akademik. Siswa juga menunjukkan partisipasi lebih aktif, keberanian berdiskusi, dan kemauan mengkritisi data penelitian. Pemanfaatan teks mentor terbukti efektif membantu siswa memahami pola penulisan ilmiah, sedangkan kegiatan joint construction memberi kesempatan untuk memperoleh bimbingan langsung. Kendala teknis seperti keterbatasan jaringan internet pada sesi daring dapat diatasi melalui pertemuan tatap muka. Implementasi program ini siswa lebih siap menghadapi OPSI dengan laporan penelitian yang memenuhi standar akademik, sekaligus menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri.
Copyrights © 2025