Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan 1-10 siswa kelas IV SDN 21 Limboto menggunakan pendekatan kooperatif dengan teknik jarimatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini kelas IV di SDN 21 Limboto berjumlah 24 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hasil tes dan analisis hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan kooperatif dengan teknik jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung materi perkalian bilangan 1-10 siswa kelas IV di SDN 21 Limboto. Hal ini ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada siklus I dan II yang mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 11 orang siswa yang dikategorikan mencapai KKM dengan presentase 62% dan pada siklus II yang dikategorikan mencapai nilai KKM sebanyak 22 orang siswa dengan presentase 91%. Jadi KKM meningkat 27%. Hal ini dikarenakan pada siklus II siswa sudah mulai meningkat dalam proses pembelajaran, sebagian besar siswa sudah maksimal dalam kemampuan berhitung materi perkalian bilangan 1-10. Maka belajar siswa pada siklus II sudah mencapai nilai KKM atau indikator kinerja yang ditetapkan.
Copyrights © 2025