Jurnal Peradaban Masyarakat (JPM)
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal peradaban masyarakat (JPM)

Penerapan Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Siswa

Tumanggor, Rahmayanti (Unknown)
Akbar, Adryanto Zaidan (Unknown)
Wulansari, Indah (Unknown)
Fauziyah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dengan judul “Penerapan Manajemen Kelas dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif bagi siswa” dijalankan untuk membantu Madrasah Aliyah Plus Al-Amanah meningkatkan cara mengelola kelas agar suasana belajar lebih nyaman dan efektif. Meskipun sekolah tersebut memiliki akreditasi A, masih ada beberapa permasalahan yang perlu diperbaiki, seperti kedisiplinan siswa yang rendah, motivasi belajar yang kurang, penggunaan waktu yang belum optimal, serta komunikasi antara guru dan siswa yang belum efektif. Selain itu, kondisi fisik ruangan kelas juga belum sepenuhnya mendukung pembelajaran yang aktif. Program ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru dan siswa tentang pengelolaan perilaku, pengaturan waktu, komunikasi yang efektif, dan pembiasaan disiplin. Kegiatan yang dilakukan mencakup sosialisasi, penyampaian materi dengan metode interaktif, pemberian modul, serta berbagai kegiatan yang mendorong partisipasi siswa. Penilaian dilakukan melalui tes awal dan tes akhir, observasi, serta kuesioner. Harapan dari program ini adalah meningkatkan kedisiplinan, keaktifan siswa, serta kemampuan guru dalam mengelola kelas. Hasil yang diperoleh berupa dokumen, panduan mengelola kelas, dan publikasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

peradaban

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Peradaban Masyarakat adalah jurnal yang diterbitkan LPPM STIE Hidayatullah Depok. Cakupan dan Fokus Jurnal Peradaban Masyarakat, meliputi bidang pengabdian ...