TheraEdu: Journal of Therapy and Educational Psychology
Vol. 1 No. 2 (2025): TheraEdu: Journal of Therapy and Educational Psychology

Kontrol Diri sebagai Prediktor Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling

Dwi Ilyasa, Almaulidya (Unknown)
Nurhayat, Kodariyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bermaksud guna mengetahui keterkaitan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada siswa SMAN 11 Depok. Penelitian ini mempergunakan pendeketan kuantitatif dengan  metode korelasional. Sampel berjumlah 78 siswa yang terpilih mempergunkan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket kontrol diri dan kecanduan game online dengan tingkat reliabilitasnya 0,84 dan 0,85. Analisis data terlaksana menggunakan korelasi pearson. Temuan yang di dapat memperlihatkan bila secara signifikan kontrol diri berhubungan dengan kecanduan game online, dengan koefiensi korelasi r = 0,208. Hal ini memperjelas bila siswa yang mempunyai tingkat kontrol diri yang baik cenderung lebih mampu mengatur waktu  dan prioritas dalam bermain game online, sehingga mereka tidak mudah terjebak dalam perilaku adiktif terhadap game. Temuan ini memberikan implikasinya penting dalam konteks layanan bimbingan dan konseling, khususnya dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan kontrol diri untuk mengurangi risiko kecanduan game online dan meningkatkan kesejahteraan psikologis secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

theraedu

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

TheraEdu: Journal of Therapy and Educational Psychology is a peer-reviewed journal published by Asosiasi Asesmen Pendidikan (AAP). TheraEdu is an academic journal that publishes research and scientific studies in the field of therapy and educational psychology. This journal aims to disseminate ...