PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini (Journal of Primary and Early Childhood Education Studies
Vol. 8 No. 2 (2025): Desember

Implementasi Market Day Untuk Mengenalkan Literasi Keuangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Iswantiningtyas, Veny (Unknown)
Itot Bian Raharjo (Unknown)
Lenny Andriani Shanty (Unknown)
Widhy Yustika Sari Cahyaningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Literasi keuangan perlu ditanamkan sejak usia dini karena kebiasaan dan sikap finansial mulai terbentuk pada masa kanak-kanak serta memengaruhi perilaku keuangan di masa dewasa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kegiatan market day sebagai strategi penanaman literasi keuangan pada anak usia dini di TK Prima Cendekia Islamic School Kediri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan triangulasi untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan market day efektif mengembangkan empat aspek literasi keuangan anak secara simultan, meliputi: kemampuan mengenal nilai uang, membedakan kebutuhan dan keinginan, melakukan transaksi sederhana, serta mengelola uang melalui praktik menabung dan berbagi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa market day merupakan model pembelajaran kontekstual berbasis pengalaman langsung yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini dan dapat diadaptasi oleh lembaga PAUD lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

prymerly

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Basic Education and Early Childhood Studies (E-ISSN: 2657-2141, P-ISSN: 2580-9185) is a scientific periodical managed by the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Islamic Institute. The scope of the PrimEarly journal is that this journal contains ...