Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca siswamembaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 26 Tolitoli dengan menggunakan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Sebagai media pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan oleh tim peneliti untuk meningkatkan pembelajaran siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran interaktif pada tahun ajaran 2023/2024. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 26 Tolitoli. Penelitian ini mengaitkan pelajaran bahasa Indonesia dengan hasil belajar membaca siswa yang lebih baik. Hasil belajar membaca siswa yang lebih baik. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, yaitu bulan Oktober. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 26 Tolitoli yang berjumlah 19 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 siswa dengan nilai rata-rata 69,37. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata dengan nilai rata-rata 81,42. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 26 Tolitoli.
Copyrights © 2024