Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya
Vol. 30 No. 4 (2024): Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya

Upaya Meningkatkan Skill Membaca Siswa Menggunakan Media Ajar yang Menimbulkan Interaktif antara Siswa dan Guru di SDN 26 Tolitoli

M Mustakim (Unknown)
Andi Muh. Abrar (Unknown)
Nurhalisa (Unknown)
Putri (Unknown)
Ananda Amelia (Unknown)
Tri Sagita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca siswamembaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 26 Tolitoli dengan menggunakan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Sebagai media pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan oleh tim peneliti untuk meningkatkan pembelajaran siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran interaktif pada tahun ajaran 2023/2024. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 26 Tolitoli. Penelitian ini mengaitkan pelajaran bahasa Indonesia dengan hasil belajar membaca siswa yang lebih baik. Hasil belajar membaca siswa yang lebih baik. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, yaitu bulan Oktober. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 26 Tolitoli yang berjumlah 19 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 siswa dengan nilai rata-rata 69,37. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata dengan nilai rata-rata 81,42. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 26 Tolitoli.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya is a reputable scientific journal that has been recognized by SINTA with a ranking of 5. Published two times a year (January-June and July-December), the journal accommodates a variety of scientific articles that explore contemporary ...