Pembelajaran bahasa Indonesia sering dihadapkan pada tantangan kurangnya relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga kurang bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kontekstual sesuai dengan kebutuhan siswa. Integrasi pendekatan kontekstual dan pembelajaran mendalam diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran melalui personalisasi dan adaptasi materi yang bermakna bagi siswa. Metode penelitian ini menggunakan model Penelitian dan Pengembangan (R&D) Borg-Gall dengan tahapan analisis kebutuhan sampai mengasilkan buku ajar. Subjek penelitian siswa SMP Aisyiah Muhamadiyah 3 Malang. Instrumen pengumpulan data meliputi angket kebutuhan, pedoman wawancara, lembar validasi, dan tes. Hasil penelitian menghasilkan buku ajar interaktif yang relevan dengan pengalaman dan kebutuhan. Hasil validasi oleh ahli bahasa sebesar 98%; oleh ahli pembelajaran 98%; dan oleh ahli penilaian 98%. Penilaian oleh responden sekolah mitra pada tahap one-to-one adalah 99,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa inovasi buku ini memiliki relevansi, efektivitas, dan kebermaknaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pengembangan buku ajar ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap inovasi pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang SMP
Copyrights © 2025