ATH-THALIB
Vol 2 No 1 (2024): ATH-THALIB

Urgensi Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini: Telaah Literatur Pendidikan Islam Klasik dan Modern

Puspitasari, Tuti (Unknown)
Irnida, Irnida (Unknown)
Marniah, Marniah (Unknown)
Murtiana, Murtiana (Unknown)
Yulianti, Sindi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi pendidikan tauhid pada anak usia dini melalui telaah literatur pendidikan Islam klasik dan modern. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menganalisis konsep pendidikan tauhid dari kitab-kitab klasik serta literatur kontemporer yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan tauhid merupakan fondasi utama dalam pembentukan identitas keislaman dan karakter anak sejak masa emas perkembangan. Literatur klasik menekankan pentingnya pembiasaan, keteladanan, dan pengajaran sistematis, sedangkan literatur modern mengadopsi pendekatan inovatif yang memanfaatkan teknologi dan metode pembelajaran interaktif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi kedua pendekatan tersebut dalam kurikulum pendidikan tauhid anak usia dini untuk menciptakan model pembelajaran yang holistik dan efektif. Implikasi praktisnya adalah penguatan pendidikan tauhid yang adaptif terhadap perkembangan zaman sekaligus mempertahankan nilai-nilai Islam yang autentik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ATH-THALIB

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus” merupakan platform publikasi jurnal yang mewadahi naskah penelitian dari mahasiswa STIT Tanggamus, namun tidak terbatas pada institusi tersebut. Ath-Thalib mulai diresmikan pada tahun 2023 diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada ...