Jurnal Teknik Sipil
Vol 14, No 2 (2025): Volume 14 Nomor 2 November 2025

ANALISIS DEBIT REMBESAN PADA LEFT WING DAM, MAIN DAM, DAN RIGHT WING DAM PADA BENDUNGAN BILI-BILI

As'ad, Mohammad Bagus Wiratama (Unknown)
Suripin, Suripin (Unknown)
Ari Wulandari, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Bendungan Bili-Bili merupakan bendungan eksisting di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan yang dibangun Tahun 1992 hingga 1997. Bendungan Bili-Bili merupakan bendungan tipe urugan batu dengan inti tengah yang memiliki kapasitas tampungan total sebesar 375 juta m3 dan kapasitas tampungan sedimen sebesar 29 juta m3. Ditinjau dari kelas risiko bahaya konstruksi, Bendungan Bili-Bili masuk dalam klasifikasi IV (Ekstrim) yang perlu mendapatkan perhatian khusus terkait kegagalan konstruksinya. Salah satu penyebab utama kegagalan bendungan tipe urugan adalah terjadinya rembesan berlebih yang ditandai dengan ditemukannya rumput lebat pada lubang drainase sehingga dapat memicu terjadinya piping yang berisiko mengganggu stabilitas keamanan bendungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa besar debit rembesan pada Left wing dam, Main dam, dan Right wing dam Bili-Bili yang keluar dari alat instrumentasi berupa V-notch terhadap tingkat keamanan bendungannya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa debit rembesan pada Bendungan Bili-Bili secara umum diluar batas yang diizinkan dimana nilai seepage index kondisi rembesan dalam kondisi kurang aman dimana Sebagian besar kriteria keamanan seepage QI1 yang mana perlu adanya mitigasi awal untuk segera dilakukan rehabilitasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JTS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Teknik Sipil (Journal of Civil Engineering) Universitas Syiah Kuala is a scientific journal, published by Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Syiah Kuala. It is aimed at disseminating research results related to civil engineering fields, where readers of the ...