Adanya berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran matematika sepertii kurangnya keaktifan siswa dalam proses belajar, kurangnya inovasi media guru dalam mengajar, dan kurangnya kemampuan matematis siswa menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil dan peningkatan kemampuan matematis siswa dalam penerapan gerak kinestetik tari melalui congklak. Metode yang dipilih adalah penelitian tindak kelas (PTK) dengan tiga siklus. Hasiil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gerak kinestetik tari berbantuan media congklak dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa, terutama dalam konsep penjumlahan dan pengurangan. peningkatan kemampuan matematis siswa terlihat dari hasil tes yang diilakukan selama penelitian yaitu, dengan presentasi 87.5% siswa yang tuntas di siklus III. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, penerapan gerak kinestetik tari dengan media congklak dapat menjadi alternatif metode pembelajaran matematika yang efektif.
Copyrights © 2025