Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengembangan media kartu kuartet berbasis edutainment dalam meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui tahap uji kevalidan dan kelayakan media kepada ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan respon guru. Metode yang digunakan Research and Development (RD) dengan model ASSURE milik Iskandar yang terdiri dari 6 tahapan, (1) menganalisis karakteristik siswa, (2) menetapkan standar pembelajaran, (3) memilih media, metode, dan materi, (4) menggunakan media, metode, dan materi, (5) mendorong siswa, (6) evaluasi dan revisi. Setelah dilakukan observasi awal didapatkan perlunya tindakan pengembangan media kartu kuartet berbasis edutainment materi unsur teks bacaan dalam menunjang keterampilan membaca intensif pembelajaran Bahasa Indonesia secara optimal. Berdasarkan tindakan hasil penelitian tersebut, diperoleh bahwa peningkatan keterampilan membaca intensif sebanyak 21 siswa setelah menggunakan media kartu kuartet melalui perhitungan rumus n-gain score dari data nilai pre – test dan post – test memperoleh presentase 71% kriteria “Tinggi”. Peneliti, simpulkan peningkatan keterampilan membaca intensif melalui uji kevalidan dan kelayakan media kartu kuartet berbasis edutainment yang telah peneliti lakukan dikatakan lebih baik dari sebelumnya.
Copyrights © 2025