Materi sudut adalah salah satu materi pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar namun belum banyak yang sesuai untuk mendukung pembelajaran tersebut di Sekolah Dasar. Masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana mengembangkan e-modul berbasis heyzine flipbook pada pelajaran matematika materi sudut kelas V SD yang valid, 2) Bagaimana mengembangkan e-modul berbasis heyzine flipbook pada pelajaran matematika materi sudut kelas V SD yang praktis, 3) Bagaimana keefektifan e-modul berbasis heyzine flipbook pada pelajaran matematika materi sudut kelas V SD yang telah di kembangkan. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner (angket), tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi oleh para ahli di bidang media, bahasa, dan materi mencapai persentase 94%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Dari segi kepraktisan, diperoleh hasil dari tes peserta didik sebesar 95% pada tahap one to one dan 98% pada tahap small group berdasarkan angket yang diisi oleh siswa, yang tergolong sangat praktis. Sementara itu, untuk aspek keefektifan, diperoleh persentase sebesar 90% yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Data ini berasal dari hasil lembar kerja siswa, di mana 18 dari 20 peserta didik mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dalam rentang nilai 61–80. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias terhadap penggunaan media e-modul berbasis Heyzine Flipbook pada pembelajaran matematika materi sudut di kelas V sekolah dasar
Copyrights © 2025