Penelitian ini mengkaji penerapan materi Transformasi Energi dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dalam kehidupan sehari-hari. Melalui eksperimen sederhana siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep dasar energi dan perubahan bentuknya. Metodologi penelitian ini melibatkan analisis kualitatif terhadap penerapan materi Transformasi Energi dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan observasi kegiatan eksperimen di kelas. Penelitian ini juga mengumpulkan data dari pengalaman siswa dalam memahami konsep-konsep energi melalui percakapan praktikum dan pengamatan langsung terhadap perubahan bentuk energi yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan praktikum yang interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pemahaman mereka terhadap materi. Namun, tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan alat peraga dan waktu yang terbatas untuk eksperimen. Dengan pendekatan yang tepat, materi ini dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan ilmiah serta menghubungkannya dengan realitas sehari-hari, yang penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan sains di masa depan.
Copyrights © 2025