Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 4 (2025): Vol. 5 No. 4 Edisi November 2025

ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA KELAS 3 SD 17 PALEMBANG DALAM KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR

Widyastuti, Putri (Unknown)
Amelia Ramadhanti (Unknown)
Nurhasannah (Unknown)
Yuli Fitriani (Unknown)
Murjainah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan membaca dan menulis siswa kelas tiga SD Negeri 17 Palembang serta dampak dari faktor-faktor tersebut terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal, disimpulkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan tingkat kesulitan yang tinggi dalam memahami huruf, memahami makna bacaan, dan membaca lancar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, observasi guru, dan dokumentasi hasil belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti kurangnya kemampuan membaca, gangguan perkembangan (seperti kebutuhan khusus anak), dan keterbatasan kosakata menjadi penyebab utama kesulitan membaca. Sebaliknya, faktor eksternal meliputi lingkungan rumah yang tidak terlalu kondusif untuk belajar, metode pengajaran yang tidak terlalu fleksibel, dan rendahnya akses terhadap bahan bacaan.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...