Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan kolaboratif siswa kelas V di SDN 164 Swakarya Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dalam topik ekosistem. Latar belakang penelitian ini muncul dari pentingnya pengembangan keterampilan abad ke-21, terutama kemampuan kolaborasi, yang masih belum banyak diterapkan secara optimal di tingkat sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, dokumentasi hasil proyek siswa, serta catatan aktivitas di lapangan. Hasil studi mengindikasikan bahwa implementasi model PjBL secara nyata meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama, membagi peran dan tanggung jawab, berpikir secara kritis, berkomunikasi dengan baik, serta menyelesaikan tugas kelompok secara efisien. Faktor-faktor internal seperti rasa tanggung jawab dan empati, serta faktor eksternal seperti dukungan dari guru dan suasana belajar yang mendukung, sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kolaborasi siswa. Oleh karena itu, PjBL terbukti menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan kolaborasi siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025