Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 4 (2025): Vol. 5 No. 4 Edisi November 2025

ANALISIS KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA DI SDN 164 SWAKARYA PEKANBARU MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING

Br. Sitorus, Fristi Maryati (Unknown)
Aprilia, Azzahra Rizqita (Unknown)
Hermita, Neni (Unknown)
Barokah, Rifqa Gusmida Syahrun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan kolaboratif siswa kelas V di SDN 164 Swakarya Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dalam topik ekosistem. Latar belakang penelitian ini muncul dari pentingnya pengembangan keterampilan abad ke-21, terutama kemampuan kolaborasi, yang masih belum banyak diterapkan secara optimal di tingkat sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, dokumentasi hasil proyek siswa, serta catatan aktivitas di lapangan. Hasil studi mengindikasikan bahwa implementasi model PjBL secara nyata meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama, membagi peran dan tanggung jawab, berpikir secara kritis, berkomunikasi dengan baik, serta menyelesaikan tugas kelompok secara efisien. Faktor-faktor internal seperti rasa tanggung jawab dan empati, serta faktor eksternal seperti dukungan dari guru dan suasana belajar yang mendukung, sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kolaborasi siswa. Oleh karena itu, PjBL terbukti menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan kolaborasi siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...