Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 4 (2025): Vol. 5 No. 4 Edisi November 2025

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI SUMBER ENERGI DISEKITARNYA MELALUI EKSPERIMEN KINCIR ANGIN DAN PARASUT PADA SISWA KELAS 3 SDN 105 PEKANBARU

Putri, Mutiara (Unknown)
Zarra Hanura (Unknown)
Alim, Jesi Alexander (Unknown)
Anggriani, Mitha Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelas 3 SDN 105 Pekanbaru terhadap materi sumber energi disekitarnya melalui kegiatan pembelajaran berbasis eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 19 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari observasi dan tes yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Kegiatan eksperimen dilakukan melalui pembuatan kincir angin dan parasut untuk mengenalkan konsep energi angin secara konkret dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 26,3% siswa berada dalam kategori sangat tinggi, 15,8% tinggi, 31,6% cukup, 10,5% rendah, dan 15,8% sangat rendah. Nilai rata-rata pemahaman siswa adalah 66,8 dengan standar deviasi 24,7. Pembelajaran berbasis eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat keterampilan proses sains, serta memudahkan pemahaman konsep melalui pengalaman langsung. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...