Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 4 (2025): Vol. 5 No. 4 Edisi November 2025

PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERMUATAN BUDAYA MELAYU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS 5 SD TENTANG KESEIMBANGAN POLA MAKAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

Fauziyyah, Farida Hadziqotul (Unknown)
Maisyaroh (Unknown)
Hermita, Neni (Unknown)
Syahrun Barokah, Rifqa Gusmida (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan budaya Melayu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terhadap pemahaman siswa tentang sistem pencernaan manusia dan kesadaran mereka tentang pentingnya pola makan yang seimbang. Latar belakang penelitian ini adalah karena masih banyak masalah gizi pada anak-anak usia sekolah dan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan yang masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 26 siswa kelas V di sebuah sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 76,92 menjadi 87,69 setelah pembelajaran yang mengintegrasikan budaya Melayu. Selain peningkatan kemampuan belajar, penggunaan budaya Melayu juga membantu membentuk karakter siswa, seperti sikap gotong royong, tanggung jawab, dan kesadaran akan kesehatan. Penelitian ini menyarankan agar model pembelajaran yang mengaitkan budaya lokal dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung Kurikulum Merdeka dan meningkatkan literasi sains siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...