Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 4 terhadap materi "Indonesiaku Kaya Budaya" di SDN Keputran I Surabaya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan model TSTS dan tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Metode penelian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest, sampel terdiri dari 36 siswa kelas 4-B yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai pemahaman siswa, dari rata-rata pretest 55,14 (kategori rendah) menjadi 87,89 (kategori sangat baik) pada posttest. Analisis N-Gain menghasilkan skor rata-rata 0,74 yang tergolong kategori baik. Simpulan menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan dalam nilai pemahaman siswa, dari rata-rata pretest 55,14 (kategori rendah) menjadi 87,89 (kategori sangat baik) pada posttest. Analisis N-Gain menghasilkan skor rata-rata 0,74 yang tergolong kategori baik.
Copyrights © 2025