Rendahnya keterampilan berbicara siswa melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Rata-rata siswa masih di bawah KKM. Permasalahan tersebut disebabkan siswa belum berani untuk tampil berbicara serta kurangnya pengetahuan siswa terkait pembelajaran keterampilan berbicara. Teknik Storytelling diterapkan dalam penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari satu siklus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 3 semester genap tahun pelajaran 2024/2025 SDN 100902 Hutaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (untuk melihat tingkat keaktifan siswa dan guru dalam pembelajaran teknik storytelling) dan tes (untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa). Hasil lembar observasi siswa pada siklus I sebesar 92,86% dan hasil lembar observasi guru pada siklus I sebesar 85,29%. Artinya model pembelajaran teknik storytelling mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai bercerita pada siswa kelas 3 SDN 100902 Hutaraja.
Copyrights © 2025