Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 4 (2025): Vol. 5 No. 4 Edisi November 2025

IMPLEMENTASI MARKET DAY P5RA UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA MI SULLAM TAUFIQ

Azzahra, Hana Syaifa (Unknown)
Nafilatul Khusna (Unknown)
Risna Afiana (Unknown)
Rizkiatul Nadila (Unknown)
Muhamad Khansa Maulana (Unknown)
Ferida Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Market Day dalam program Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA) di MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan serta menganalisis kontribusinya terhadap peningkatan jiwa kewirausahaan siswa. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pendidikan dasar sebagai pondasi pembentukan karakter dan keterampilan hidup, termasuk kemandirian, kreativitas, dan tanggung jawab yang menjadi bagian dari jiwa kewirausahaan. Market Day dipandang sebagai salah satu bentuk pembelajaran kontekstual yang mampu memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, dan siswa yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Market Day. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian, serta penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Market Day efektif dalam melatih siswa merencanakan, memproduksi, memasarkan, hingga menjual produk. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan praktis, tetapi juga menumbuhkan karakter seperti kemandirian, kreativitas, tanggung jawab, kerja sama, dan kejujuran. Selain itu, Market Day sejalan dengan Kurikulum Merdeka serta menanamkan nilai religius dan etika berdagang dalam Islam. Dengan demikian, Market Day terbukti menjadi strategi pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan aspek akademik, sosial, karakter, dan spiritual, sekaligus membentuk jiwa kewirausahaan siswa sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...